Belajar Blogging Bisa Menambah Sumber Penghasilan. Ini Caranya!

Artikel on 17 Mar , 2020
Belajar Blogging

*intenet

Nge-blog merupakan salah satu aktivitas menulis yang layak untuk digeluti. Pundi-pundi rupiah akan mengalir deras ke rekening apabila Anda bisa mengelola blog dengan sangat baik. Cukup dengan menerbitkan beberapa postingan melalui platform yang dipilih. Tidak harus keluar rumah untuk pergi bekerja, Anda pun bisa mendapat gaji dari aktivitas nge-blog. Terkadang dollar pun bisa masuk ke rekening Anda. Pekerjaan ini sangat cocok bagi para freelancer. Jika Anda ingin belajar blogging untuk menambah penghasilan, simak tips di bawah ini.

Tips Belajar Blogging Untuk Menambah Penghasilan

Selain sebagai sarana berbagi informasi, blogging juga bisa menambah penghasilan Anda. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang blogger adalah menulis. Setiap orang, dari berbagai kalangan, apapun latar belakangnya, pasti bisa menulis. Hanya terkadang masih perlu diasah supaya bisa menghasilkan artikel yang menarik. Dibutuhkan waktu untuk menjadi penulis profesional. Beberapa orang bahkan bisa menuai passive income dari hasil blog yang dimiliki. Ada beberapa tips belajar blogging jika Anda ingin menambah penghasilan.

  1. Jadikan blogsebagai portofolio karya Anda

Blog bisa Anda gunakan untuk memamerkan hasil tulisan. Para pencari penulis berbakat bisa menilai bagus atau tidaknya keterampilan menulis seseorang dari blog yang dimiliki. Itulah mengapa beberapa orang meminta alamat blog saat hendak merekrut seorang penulis. Dari blog, mereka bisa mengetahui seperti apa jenis tulisan yang dikuasai, bagaimana gaya penulisannya, hingga cara dalam menyampaikan pendapat. Anda berpeluang menjadi ghost writer sebuah proyek penulisan, hingga menjadi penulis tetap.

  1. Jadikan blog sebagai sarana affiliate marketing

Affiliate marketing termasuk salah satu cara internet marketing yang menjanjikan penghasilan lumayan besar apabila ditekuni. Saat ini sudah banyak program afiliasi yang beredar di pasaran. Kegiatannya adalah mempromosikan sebuah produk atau jasa, dan pembeli diharuskan memesan lewat link afiliasi Anda. Dengan demikian. Komisi akan segera ditransfer menjadi pundi-pundi rupiah Anda. Produk digital biasanya memberikan komisi yang lumayan besar.

  1. Jadikan blog sebagai tempat berjualan

Produk apapun bisa dijual melalui blog. Supaya konsumen lebih tertarget, ada baiknya jika Anda menjual produk yang berhubungan dengan isi artikel di dalam blog Anda. Misalnya saja sebuah blog yang berisi informasi tentang menjahit, Anda bisa menjual berbagai keperluan menjahit melalui blog tersebut. Usahakan tema yang serupa, karena konsumen Anda sudah diedukasi melalui tulisan-tulisan yang telah diposting. Produk digital seperti ebook belajar menjahit juga bisa Anda jual disana.

 

  1. Jadikan blog sebagai personal branding Anda

Terkadang, Anda akan lancar menulis saat benar-benar menguasai sebuah ilmu. Itulah sebabnya melalui blog Anda bisa mem-branding diri Anda sendiri. Hal tersebut karena orang akan menilai Anda ahli pada bidang yang ditulis menjadi artikel dalam blog. Mereka akan percaya karena informasi yang didapatkan terpercaya langsung dari ahlinya. Oleh karena itu, buatlah blog yang sesuai dengan keahlian Anda. Selain sebagai personal branding, Anda juga akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan yang masuk.

  1. Jadikan blog sebagai ajang kompetisi

Banyak lomba blog yang berseliweran di internet. Hadiah yang ditawarkan biasanya sangat menggiurkan. Anda bisa menjadikan blog sebagai sarana untuk mengikuti berbagai perlombaan. Selain meningkatkan mentalitas blogging, Anda bisa mendapat penghasilan dari uang yang diperoleh.

 

Itulah beberapa hal yang dilakukan jika ingin belajar blogging untuk menambah penghasilan. Lakukan semuanya dengan konsisten. Semoga bermanfaat.