Tutorial Blogging untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Artikel on 17 Mar , 2020

 

Blogging merupakan sebuah aktivitas menulis di internet yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Awalnya, platform blog gratis hanya digunakan sebagai media penulisan diary atau keseharian penulis. Seiring berjalannya waktu, saat ini blog setara dengan website. Para blogger juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan jika mau memonetisasi blognya. Oleh karena itu, banyak yang mencari artikel tentang tutorial blogging untuk pemula di internet.

Tutorial Blogging untuk Pemula

Kemudahan dalam pencarian informasi membuat berbagai kalangan semakin melek internet. Adanya google sebagai raksasa mesin pencarian, membuat Anda bisa mencari informasi apapun yang dibutuhkan. Demikian juga tutorial blogging untuk pemula. Cukup mengetikkan kata atau kalimat yang ingin dicari dalam kolom pencarian google. Maka mesin pintar tersebut akan mengeluarkan hasil-hasil yang terkait. Berikut ini beberapa hal yang wajib diketahui oleh pemula sebelum melakukan blogging.

  1. Platform blog

Saat ini, sudah banyak platform penyedia blog gratisan yang bisa Anda pilih. Beberapa yang sangat populer diantaranya adalah blogspot dan wordpress. Dua platform ini menawarkan banyak kemudahan bagi para blogger pemula. Oleh karena itu, tak heran jika banyak tutorial pembuatannya di internet. Reputasi yang baik dan tidak adanya komplain dari pengguna membuktikan bahwa dua platform blog tersebut layak untuk digunakan.

  1. Self hostedvs hosted Blog

Mungkin bagi blogger pemula, istilah self hosted dan hosted blog ini masih belum pernah didengar. Jika Anda ingin memiliki blog tanpa embel-embel nama jasa penyedia layanan, pilihlah self-hosted. Maksudnya adalah blog yang serupa dengan website. Sehingga Anda butuh tempat penyimpanan pribadi. Sementara untuk hosted blog, itu artinya Anda harus berbagi tempat penyimpanan dengan pengguna blog yang lain. Itulah yang disediakan oleh platform blog gratisan.

  1. Nama domain

Domain adalah alamat blog Anda. Ketika akan membuat sebuah blog, maka Anda harus memilih sebuah nama yang dijadikan alamat. Nantinya domain inilah yang akan menjadi identitas blog Anda. Dalam platform blog gratisan, alamat domain Anda akan diikuti dengan nama penyedia layanan. Jika ingin langsung dengan ekstensi akhiran .com atau yang lain, Anda harus membayar untuk biaya domain secara pribadi. Saat ini, ada banyak penyedia domain dan hosting dengan harga yang terjangkau.

  1. Gratisan vs berbayar

Secara umum, Anda bisa melakukan aktivitas blogging dengan atau tanpa biaya. Biasanya untuk pemula yang hanya ingin berbagi tulisan saja, mereka lebih memilih menggunakan blog gratisan. Sementara jika tujuan Anda adalah mem-branding diri, blog berbayar adalah solusinya. Hal tersebut karena pemilik blog berbayar akan dinilai cukup serius dan profesional oleh para pengunjungnya. Mereka rela dan mampu mengeluarkan uang lebih untuk biaya blog supaya terlihat lebih terpercaya.

  1. Bisa menghasilkan uang

Nge-blog bisa menghasilkan uang. Apabila traffic blog Anda ramai pengunjung, maka jadikanlah blog tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan. Ada banyak cara untuk mengumpulkan uang lewat blog. Anda bisa mendaftarkan blog ke google adsense, menjadi affiliate marketer, berjualan produk sendiri, dan lain sebagainya. Tentunya Anda harus benar-benar serius dalam mengelolanya. Jika tidak, pengunjung akan berpaling dari blog Anda.

Itulah beberapa hal terkait tutorial blog untuk pemula yang wajib diketahui. Pastikan untuk selalu sabar, karena hasil yang memuaskan hanya akan dihasilkan oleh orang yang bersungguh-sungguh. Selamat mencoba.