Kelebihan dan kekurangan menggunakan iklan google adwords dan facebook ads

Artikel on 20 Nov , 2016

Kelebihan dan kekurangan menggunakan iklan google adwords dan facebook adsDalam dunia Internet ada berbagai macam strategi promosi yang dapat dijalankan. Akan tetapi cara tercepat untuk terjadi konversi (penjualan) adalah dengan menggunakan promosi yang berbayar yaitu dengan menggunakan dua situs yang saat ini memiliki database terbesar, Google dan Facebook.

Banyak yang bertanya kepada saya tentang perbedaan melakukan promosi antara Google Adwords dengan Facebook Ads akan tetapi hampir pemula maupun beberapa klien, saya menyarankan untuk menggunakan Google Adwords.

Nah dalam artikel kali ini, saya tidak ingin berbagi tentang penjelasan mengenai kedua hal tersebut akan tetapi saya ingin berbagi tentang manakah yang lebih efektif digunakan dalam beriklan(promosi) berbayar bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), “Google Adwords” atau “Facebook Ads”. Dan perbedaan dikedua program periklanan tersebut adalah sebagai berikut.

Kelebihan Google Adwords:

Google Adwords adalah salah satu layanan periklanan yang dikeluarkan oleh Google, dimana hingga saat ini sebagai search engine (mesin pencari) terbesar. Dimana semua orang bahkan Anda sendiri ketika mencari sebuah informasi, pasti akan membuka Google terlebih dahulu, bukan?.

Google Adwords membantu setiap pengiklan (Advertiser) misalkan Anda sendiri, untuk dapat menempatkan iklan produk/jasa Anda berada ditempat khusus yang langsung terjangkau oleh mata pengunjung dan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung melalui search engine Google.

Cari jasa iklan google adwords? klik disini

Ketika pengunjung memasukan kata kunci tertentu yang dimana sudah Anda setting ketika memasang iklan di Google Adwords dan ternyata sama, maka iklan Anda akan langsung terlihat di atas maupun disebelah kanan pada halaman Google.

Dari segi jaminan pengunjung, sudah pasti Google Adwords bekerja secara Global maupun berdasarkan negara tertentu yang dimana tanpa batasan atau tanpa melakukan login, semua orang akan melihat iklan yang Anda pasang. Di sisi lain, laporan penjadwalan iklan Anda tercatat dengan baik oleh pihak Google yang dimana Anda hanya perlu monitoring atau management pengeluaran biaya untuk iklan dan yang pasti Google sangat akurat dalam memberikan data termasuk hitung menghitung anggaran maupun budget.

Nama besar Google serta bantuan dari para Blogger sebagai publisher dalam program Google Adsense yang akan sangat membantu Iklan Anda untuk dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia yang sedang mencari informasi tertentu maupun sesuai kata kunci iklan yang Anda masukan.

Kekurangan Iklan Google Adwords:

Selain kelebihan, setiap layanan pasti juga memiliki kekurangan dan menurut saya serta pengalaman saya, kekurangan dari Google Adwords adalah jika iklan Anda terdapat link yang mencurigakan ataupun iklan Anda melanggar sedikit peraturan dari Google Adwords, maka akun Adwords akan di suspend permanen. Karena itu menggunakan Google Adwords harus hati-hati dan transparan, yang dalam arti jangan membohongi Google. Kekurangan lainnya adalah pembayaran hanya bisa dilakukan atau menggunakan Kartu Kredit.

Kelebihan Iklan Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan periklanan yang dikeluarkan oleh Facebook yang dimana jika Anda perhatikan sebelah kanan seperti “Sponsored”, adalah layanan iklan dari Facebook.

Karena Facebook adalah social network/media yang berarti situs untuk bersosialisasi, maka Facebook Ads mengandalkan efek Viral dari pengguna facebook atau efek Word of Mouth dari pengguna facebook yang dimana dalam Facebook Ads memungkinkan Anda untuk dapat memilih target market pengguna facebook untuk dapat melihat iklan produk/jasa Anda.

Cari Jasa Iklan Facebook Ads? Klik disini

Dengan mengandalkan kekuatan Viral, Word of Mouth dan Lokal alias hanya pengguna Facebook, maka ketika Anda memasang iklan di Facebook Ads akan terdapat pilihan yang sangat detail seperti “negara”, “usia”, “status”, “bahasa” dan lainnya dengan tujuan target market Anda jelas ditujukan kepada pengguna facebook yang memenuhi kriteria iklan Anda.

Disisi lain, Facebook Ads menawarkan dua alternatif dalam layanan periklanan yaitu berdasarkan per klik dan berdasarkan per tayang (impression) yang dapat dipilih oleh pengguna facebook dalam melakukan promosi situs produk/jasa maupun facebook page.

Jangan khawatir, di Facebook Ads juga tersedia Ads Manager yang dimana fungsinya untuk memonitoring iklan Anda.

Kekurangan Facebook Ads:

Facebook hanya dapat dilihat oleh pengguna facebook. Sehingga iklan Anda hanya dapat dilihat oleh pengunjung yang memiliki akun di facebook. Berbeda dengan Google Adwords yang dapat dilihat secara Global oleh semua yang mengunjungi search engine Google.

Dari segi biaya iklan, Google Adwords dan Facebook Ads sangat relatif jika Anda memilih memasang iklan dengan sistem per klik. Sekarang bagaimana menurut Anda?. Apakah memiliki rencana untuk beriklan di Google Adwords atau di Facebook Ads?. Atau tetap memasang “Iklan Baris Gratis” sambil berharap adanya pembeli yang nyangkut?.

Sebagai pertimbangan lebih lanjut, berikut adalah perbandingan Google Adwords dengan Facebook Ads,

perbedaan-google-adwords-dan-facebook-ads

Google Adwords ataupun Facebook Ads, baru akan kelihatan powerfulnya jika Anda berani untuk mengcompare atau membandingkan dengan menggunakan kedua layanan iklan tersebut. Sisanya hanya perlu dilihat, mana yang lebih menguntung. Jika Google Adwords lebih menguntung, maka Facebook Ads cukup di kurangi. Begitu juga sebaliknya. sumber: startupbisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 10 =